Sehari Menginspirasi di Kelas Inspirasi

Kelas Inspirasi Bekasi 4

Kelas Inspirasi?

Pertama kali dengar kegiatan ini dari teman *yang sekarang udah jadi suami* yang katanya, ini seru banget, kita bakalan ngajar tentang profesi ke anak-anak SD jadi mereka bakal punya gambaran bahwa cita-cita itu ga hanya dokter atau guru.

Duh, jangan tanya pengalaman suami untuk ikut Kelas Inspirasi, saya mah apalah apalah hhehe.. Ni ya, saat kita lagi sibuk nyiapin pernikahan dia masih sempat ikutan KI Bekasi dan KI Bandung, abis nikah dan masih LDR ikut lagi KI Sumedang. Udah stay di Jakarta ikut lagi KI Jakarta dan terakhir malah jadi koordinator utama di KI Bekasi 4. Dulu sih kesel ya, ini mau nikah mepet waktu masih aja ad kegiatan lain hhehehe..

Sebetulnya saat KI Jakarta, saya juga ikut mendaftar tapi ga lolos. Katanya sih, ada data yang salah saat mengisi form dan disuruh isi ulang. Saya menyerah kebetulan kerja lagi hectic banget plus ternyata saya juga lagi hamil *tapi misscariage, doain ya biar jadi lagi :)*. Yaudahlah ya, ga rejeki dapat KI, tapi saya ikutan meeting KI ama teman2 suami jadi ya setidaknya tau dikit2 mau ngapain aja di KI.

Loh jadi tertarik nih?

Setelah KI Jakarta, suami inisiatif membuat KI Bekasi. Seperti biasa, saya beberapa kali menemani meeting, sampai ikutan mempromosikan KI Bekasi. Waktu itu, masih mikir ikutan ga ya… akhirnya diam2 ikutan isi form tanpa sepengetahuan Suami dan teman-temannya *kecuali yg bagian seleksi kali yaaaa* . Setelah lolos, saya ditempatkan di SDN Jakamulya III bersama 11 inspirator, 3 dokumentator dan 1 fasilitator  dengan beragam profesi.

Gimana persiapannya?

Ajaibnya, setelah ditilik-tilik lahhhh ini kita semua ga ada yang orang Bekasi wkkwkwkw. Yaudlah ya, meeting seadanya aja, ikutan survey juga yang bisanya aja, pas H-1 barulah berdatangan yang dari luar kota dan luar biasanya begitu latihan untuk flash mob bisa kompak dan hapal. ya salah-salah dikit dimaapin, karena kesempurnaan hanya milik Allah… kembali lagi di Dorce Show.

Hari Inspirasi 20 November 2017

Flash mob bersama anak-anak

Tibalah hari H, setelah ikut upacara dan flash mob (2x!!) lagunya Naura yang setinggi langit. Maka kita siap-siap untuk masuk kelas. Ini ya, saya sudah buat lesson plan yang ciamik.. tapi apalah artinya lesson plan kalau yang dihadapin anak-anak SD yang kadang-kadang susah diatur, yang sukanya main tonjok aja sama temannya atau ke toilet rombongan saat lagi belajar :).

Kesimpulan saya nih ya, ada 2 golongan *pns kaliii* untuk murid2 SD:

1. Anak kelas 1-3

Ini agak tricky ngajarinnya. Saya yang mau ngajarin risk management bingung hhahahaha.. Saya kebagian di kelas 2 dan ini bocah-bocah doyannya ke toilet berdua-dua sama temannya. Akhirnya penjaga kantin datang, masuk, laporan ke saya bahwa mereka cuma jalan-jalan, ga masuk ke toiletnya hhahahaha.. Tapi saya masih mending, ini yang di kelas 1 SD ada yang minta minum, ada yang ngegelendot manja ama ibu gurunya,  ada yang minta sandaran, ada yang berantem. Bingung dah mau ngajarinnya gimana wkkwkw.. keluar2 dari ruang kelas 1, raut muka si inspirator udah stress dan gombyos keringetan hhahhaha..

    Liat bocah yg ginuk2 d belakang? Tuh yg maunya nemplok ke Ibu guru designer 😅

2. Kelas 4-6

Relatif lebih mudah ngajarin  mereka. Saya kebagian kelas 4 dan 5. Tapi pas di kelas 4, ampunn.. rusuh, doyannya teriak2, jalan2 semaunya, disuruh maju pada kicep. Disini saya menemukan anak dengan cita-cita youtuber!! Dikirain berani maju, ehhh.. dipanggil malah malu-malu :). Begitu kelas 5, beuh ini kecintaan saya nih, kalem, aktif, rebutan maju ke depan dan terakhir megang-megang tangan sambil bilang ayo ibu kita jajan seblak :). Kalau kelas 6, ya namanya udah ABG ya, agak cuek2 gimana gitu, tapi yaudah ya kita semua juga dulu gitu

Belajar menghias kue bersama Bapak chef

Setelah selesai, satu persatu anak-anak menempelkan bintang cita-cita dan diakhiri dengan flash mob bersama. Awalnya sih cuma lagu baby shark, eh nambah sama lagu Naura dan Making Melodies. Senang sih senang, tapi relawan mukanya dah hinyaaaiiiiii alias berminyak semua hahhahahahha.

Menempelkan bintang cita-cita

Seneng ga?

Senang banget, euphoria masih sampai sekarang. Masih ketawa sendiri kalo liat foto-foto sama video saat hari inspirasi. Lagu naura dan gerakannya masih kebayang-bayang. Alhamdulillah juga satu kelompok dengan teman-teman yang kompak dan ga banyak drama hihii… Tapi ada beberapa lesson point yang saya dapatkan dengan ikutan kelas inspirasi:

1. Lebih menghargai guru

Ga mudah loh mengajar anak SD. Saya sehari aja amsyong deh capenya apalagi mereka. Salut dengan profesi guru, semoga selalu sehat ya Bapak dan Ibu Guru..

Bersama guru SDN Jakamulya 3

2. Belajar menarik perhatian anak-anak

PDKT ke anak-anak perlu banget, karena mereka semua mudah teralihkan perhatiannya. Kalo kita ga menarik yaudah byeeee, dicuekin hhihi

Ayo gimana cara mengenalkan nuklir ke anak2 😀?

3. Jadi belajar profesi yang lain juga

Saya ga pernah tau profesi bea cukai kayak apa cara kerjanya, atau proses design baju bagaimana atau ada profesi duta cerita dan lain sebagainya. Setidaknya kalau saya punya anak saya bisa cerita beragam profesi.

Bea cukai in action

4. Lebih kenal dengan profesi sendiri

Iya ga sih? jujur ya menceritakan ulang profesi ke anak-anak itu lebih susah daripada cerita ke teman yang dewasa. Dengan anak-anak kita harus membuat kata semudah mungkin, menganalogikan dengan lingkungan mereka. Tapi dengan hal ini, saya jadi lebih tau profesi saya 🙂

Antara ngajar apa marah2 😂

5. Transfer Semangat

Duh ini ya anak SD, semangatnya ampun-ampunan. Ga ada kata lelah, ngomong aja udah kayak abis makan bakso urat. Teriak semua hahhhaha… Mau pembukaan, flash mob mintanya 2x, mau pulang malah 3x. tapi semuanya senang, semuanya happy and sure, it really made my day!!

Semangat yg bikin kangen

Mau ikutan lagi?

Mau banget, tapi mungkin yang dekat-dekat dulu ya. Karena saya sudah berkeluarga dan lagi mau promil. Tapi siapa tau ya, hamil-hamil bisa ngajar seru juga, asal dikasih kelasnya yang dibawah aja hhehehehe…

PS: buat teman2 yang fotonya ga keposting disini, maaf yaa. Tp foto kalian terposting di hati akuhhh..

So, see you at next KI (insya Allah).

Seluruh relawan, setelah bertempur seharian…

See you

XoXo

tari

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s